Kamis, 27 September 2012

Tips Memilih Madu Asli


Mengkonsumsi madu asli satu hingga dua sendok makan setiap hari dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Tapi sayangnya, banyak beredar madu palsu yang khasiatnya tidak terjamin. Bagaimana cara membedakannya?


1. Campur dengan kuning telur

Campurkan dua sendok makan madu dengan kuning telur, kemudian kocok. Jika kuning telur tampak mengkristal seperti matang, maka madu Anda asli.

2. Kocok madu dalam botol

Madu asli akan berbusa jika dikocok. Busa dan udara yang terbentuk akan naik dan menekan tutup botol sehingga ketika tutup botol dibuka akan terdengar suara letupan kecil.
Akan Berbusa Jika Dikocok

3. Teteskan madu pada kertas koran

Madu asli tidak mudah diserap kertas, karena kadar air yang terkandung di dalam madu asli lebih rendah dibandingkan madu palsu.
Tes Madu Asli Dengan Koran

4. Lebih asam

Madu yang palsu memiliki rasa lebih manis karena ditambahkan gula, sehingga akan dikerubungi oleh semut jika dibiarkan dalam keadaan terbuka.


5. Tidak beku di dalam freezer


Madu asli saat disimpan didalam freezer sampai beberapa hari tidak akan membeku, tetapi akan mengental berbentuk seperti gel. Sebaliknya jika madu palsu atau larutan gula, saat disimpan di dalam freezer akan membeku seperti es batu.
Tidak Beku Disimpan Di Freezer


6. Dituang di piring akan berbentuk sarang lebah

Madu yang asli jika dituang di piring berwarna putih sebanyak 2 sendok, lalu disiram air secukupnya dan kemudian piring digoyang-goyang ke kanan dan ke kirim akan muncul gambar motif kotak seperti sarang lebah. Semakin lama motif kotak sarang lebah tersebut muncul maka kualitas madu semakin bagus. Jika madu yang dituang adalah madu palsu maka saat disiram air dan digoyang maka tidak akan muncul gambar motif kotak sarang lebah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar